Sabtu, 26 April 2014

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN PNEUMONIA


A.    PENGERTIAN
Pneumonia adalah penyakit batuk pilek disertai napas sesak atau napas cepat (Misnadiarly, 2008).  Pneumonia dalah infeksi akut pada jaringan paru-paru (alveoli). (Devi Indriasari, 2009).  Pneumonia adalah penyakit yang menyebabkan konsolidasi pada parenkim paru (Valentina L. Brashers, 2007). Pneumonia dalah inflamasi atau infeksi pada parenkim pulmo (Irman Somantri, 2007)

B.     ETIOLOGI
1.      Virus Utama :
a.       ISPA atas : Rino virus ,Corona Virus,Adeno virus,Entero Virus
b.      ISPA bawah : RSV,Parainfluensa,1,2,3 corona virus,adeno virus
2.      Bakteri Utama
Streptococus pneumoniae, Haemophilus influenza, Staphylococcus aureus
3.      Pada neonatus dan bayi muda : Chlamidia trachomatis dan pada anak usia sekolah : Mycoplasma pneumonia.

C.     PATOFISIOLOGI
Perjalanan alamiah penyakit ISPA dibagi 4 tahap yaitu :
1.      Tahap prepatogenesis
Penyebab telah ada tetapi belum menunjukkan reaksi apa-apa
2.      Tahap inkubasi
Virus merusak lapisan epitel dan lapisan mukosa. Tubuh menjadi lemah apalagi bila keadaan gizi dan daya tahan sebelumnya rendah.
3.      Tahap dini penyakit
Dimulai dari munculnya gejala penyakit, timbul gejala demam dan batuk. Tahap lanjut penyakit, dibagi menjadi empat yaitu dapat sembuh sempurna, sembuh dengan atelektasis, menjadi kronis dan meninggal akibat pneumonia.


D. MANIFESTASI KLINIS

Menurut Misnadiarly 2008, tanda dan gejala pneumonia secara umum dapat dibagi menjadi:
1.      Manifestasi nonspesifik infeksi dan toksisitas berupa demam, sakit kepala, iritabel, gelisah, malaise, nafsu makan kurang, keluhan gastrointestinal.
2.      Gejala umum : demam, sesak napas, nadi berdenyut lebih cepat, dan dahak berwarna kehijauan seperti karet.
3.      Tanda pneumonia berupa retraksi (penarikan dinding dada bagian bawah ke dalam saat bernapas bersama dengan peningkatan frekuensi napas), perkusi pekak, fremitus melemah, suara napas melemah, dam ronki
4.      Tanda efusi pleura atau empiema berupa gerak ekskursi dada tertinggal di daerah efusi, perkusi pekak, fremitus melemah, suara napas melemah, suara napas tubuler tepat di atas batas cairan, friction rub, nyeri dada karena iritasi pleura (nyeri berkurang bila efusi bertambah dan berubah menjadi nyeri tumpul), kaku kuduk/meningismus (iritasi meningen tanpa inflamasi) bila terdapat iritasi pleura lobus atas, nyeri abdomen (kadang terjadi bila iritasi mengenai diafragma pada pneumonia lobus kanan bawah).
5.      Tanda infeksi ekstrapulmonal

E. PEMERIKSAAN PENUNJANG
1.      Pemeriksaan Rontgen
Pemeriksaan ini dapat menunjukkan kelainan sebelum hal ini dapat ditemukan secara pemeriksaan fisik. Pada bronchopneumonia bercak – bercak infiltrat didapatkan pada satu atau beberapa lobus. Pada pneumonia lobaris terlihat adanya  konsosolidasi pada satu atau beberapa lobus. Pada pneumonia lobaris terlihat adanya konsolidasi pada satu atau beberapa lobus. Foto rongent dapat juga menunjukkan adanya komplikasi pada satu atau beberapa lobus. Foto rongent dapat juga menunjukkan adanya komplikasi seperti pleuritis, abses paru, perikarditis dll.
 
2.      Pemeriksaan laboratorium
Gambaran darah menunjukkan leukositosis, biasanya 15.000 – 40.000/mm3 dengan pergeseran ke kiri. Kuman penyebab dapat dibiakkan dari usapan tenggorokan dan 30% dari darah. Urine biasanya berwarna lebih tua, mungkin terdapat albuminuria ringan karena suhu yang naik dan sedikit torak hialin.

F.   FOKUS PENGKAJIAN
Hal-hal yang perlu dikaji :
1.         Riwayat penyakit
Demam, batuk, pilek, anoreksia, badan lemah/tidak bergairah, riwayat  penyakit pernapasan, pengobatan yang dilakukan di rumah dan penyakit yang menyertai.
2.         Tanda fisik
Demam, dyspneu, tachipneu, menggunakan otot pernafasan tambahan, faring hiperemis, pembesaran tonsil, sakit menelan.
3.         Faktor perkembangan : umum , tingkat perkembangan, kebiasaan sehari-hari, mekanisme koping, kemampuan mengerti tindakan yang dilakukan.
4.         Pengetahuan pasien/ keluarga : pengalaman terkena penyakit pernafasan, pengetahuan tentang penyakit pernafasan dan tindakan yang dilakukan

G.     DIAGNOSA KEPERAWATAN
1.      Bersihan jalan napas tidak efektif  kemungkinan b.d inflamasi trakeabranchial, pembentukan edema, peningkatan produksi sputum
2.      Gangguan pertukaran gas kemungkinan b.d perubahan membran alveolar-kapiler
3.      Hipertermi kemungkinan b.d. proses infeksi
4.      Resiko Infeksi kemungkinan b.d. ketidakadekuatan pertahanan utama ( penurunan kerja silia, perlengketan sekret pernafasan), tidak adekuatnya pertahanan sekunder, penyakit kronis
5.      Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan kemungkinan b.d. peningkatan kebutuhan metabolik sekunder terhadap demam dan proses infeksi
6.      Resiko kekurangan volume cairan kemungkinan b.d. intake cairan oral tidak adekuat, kehilangan cairan aktif
7.      Intoleransi aktifitas kemungkinan b.d. ketidakseimbangan antara suplai dan kebutuhan oksigen, kelemahan umum.
(NANDA Internasional 2012-2014 & Aplikasi NANDA NIC NOC 2013)

H.     INTERVENSI KEPERAWATAN
Diagnosa Keperawatan yang lazim terjadi ( Aplikasi NANDA NIC NOC, 2013)
Diagnosa Keperawatan 1
Bersihan jalan nafas tak efektif kemungkinan berhubungan dengan inflamasi trakeabranchial, pembentukan edema, peningkatan produksi sputum.
1.      Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan bersihan jalan napas bersih,  dengan kriteria hasil :
a.       RR batas normal 20-24x/m
b.      Sesak (-)
c.       Jalan napas aten dengan bunyi napas bersih
d.      Batuk (-)
e.       Pasien dapat mengeluarkan sputum
2.      Tindakan / intervensi :
Mandiri
a.         Monitor dan auskultasi area paru, catat area penurunan/tak ada aliran udara dan bunyi nafas, misalnya : krekels, mengi.
Rasional : Penurunan aliran udara terjadi pada area konsolidasi dengan cairan, bunyi nafas bronchial ( normal pada bronchus ) dapat juga terjadi pada area konsolidasi. Krekels dan ronchi dan mengi terdengar pada inspirasi dan / atau ekspirasi pada respon terhadap pengumpulan cairan, secret kental dan spasme jalan nafas / obstruksi.
b.         Bantu pasien latihan nafas sering. Tunjukkan / bantu pasien mempelajari melakukan batuk, misal menekan dada dan batuk efektif sementara posisi duduk tinggi. Rasional : Nafas dalam memudahkan ekspansi maksimum paru-paru/jalan nafas lebih kecil. Batuk adalah mekanisme pembersihan jalan nafas alami, membantu silia untuk mempertahankan jalan nafas paten.
c.         Anjurkan pada keluarga untuk memberi pasien cairan hangat sedikitnya 2500 ml ml/hari ( kecuali kontraindikasi ). Rasional : Cairan khususnya yang hangat memobilisasi dan mengeluarkan sekret.
Kolaborasi
d.      Pengisapan sesuai indikasi. Rasional : Merangsang batuk atau pembersihan jalan nafas secara mekanik pada pasien yang tak mampu melakukan karena batuk tak efektif atau penurunan tingkat kesadaran.
e.       Berikan obat sesuai indikasi, mukoliti, ekspentoran, bronchodilator & analgesik Rasional : Alat untuk menurunkan spasme bronchus dengan mobilisasi sekret. Analgesik untuk memperbaiki batuk dengan menurunkan ketidaknyaman tapi harus digunakan secara hati-hati karena dapat menekan pernafasan.

Diagnosa Keperawatan 2
Gangguan pertukaran gas dapat dihubungkan dengan ; perubahan membran alveolar – kapiler ( efek inflamasi ), gangguan kapasitas pembawa oksigen darah.
1.      Tujuan : menunjukkan perbaikan ventilasi dan oksigenasi jaringan dengan kriteria hasil : GDA dalam rentang normal, tak ada gejala distress pernafasan dan warna kulit tidak pucat.
2.      Tindakan / intervensi :
Mandiri :
a.       Kaji frekuensi, kedalaman dan kemudahan bernafas. Rasional : manifestasi distress pernafasan tergantung pada indikasi derajat keterlibatan paru dan status kesehatan umum.
b.      Observasi warna kulit, membran mukosa dan kuku, catat adanya sianosis perifer ( kuku ) atau sianosis sentral. Rasional : Sianosis kuku menunjukkan vasokontriksi atau espon tubuh terhadap demam / menggigil.
c.       Awasi suhu tubuh sesuai indikasi
Rasional : Demam tinggi sangat meningkatkan kebutuhan metabolik dan kebutuhan oksigen dan mengganggu oksigenasi selular.
d.      Beri posisi yang nyaman misal semifowler atau fowler. Rasional : posisi yang nyaman meningkatkan masuknya suplai O2 ke dalam tubuh.
Kolaborasi
e.       Berikan terapi oksigen sesuai terapi dari dokter.
Rasional : Tujuan terapi oksigen adalah mempertahankan PaO2 di atas 60 mmHg. Oksigen diberikan dengan metode yang memberikan pengiriman tepat dalam toleransi pasien.

Diagnosa Keperawatan 3
Hipertermi kemungkinan berhubungan dengan proses infeksi penyakit
1.      Tujuan : Diharapkan termoregulasi pada pasien stabil dan dalam batas normal, dengan kriteria hasil :
a.       Suhu tubuh pasien turun dan bertahan dalam batas normal 35,60-37,40C
b.      Badan pasien teraba hangat
c.       TTV dalam batas normal
2.      Intervensi :
a.       Kaji faktor pencetus kenaikan suhu tubuh. Rasional :
b.      Observasi TTV terutama suhu tiap 4 jam. Rasional :
c.       Beri minum yang cukup. Rasional :
d.      Libatkan keluarga untuk memberikan kompres air hangat. Rasional :
e.       Pakaikan baju yang tipis dan menyerap keringat. Rasional :
f.       Kolaborasi denagn dokter mengenai obat antipiretik penurun panas. Rasional :
g.      Kolaborasi dengan dokter mengenai pemberian cairan IV . Rasional :

Diagnosa Keperawatan 4
Resiko Infeksi kemungkinan berhubungan dengan ketidakadekuatan pertahanan utama ( penurunan kerja silia, perlengketan sekret pernafasan), tidak adekuatnya pertahanan sekunder, penyakit kronis.
1.      Tujuan :  Mencapai waktu perbaikan infeksi berulang tanpa komplikasi, mengidentifikasi intervensi untuk mencegah/menurunkan risiko infeksi.
2.      Tindakan / intervensi :
Mandiri
a.       Pantau tanda vital dengan ketat, khusus selama awal terapi.
Rasional : selama periode waktu ini, potensial komplikasi fatal dapat terjadi.
b.      Ubah posisi dengan sering dan berikan pembuangan paru yang baik. Rasional : meningkatkan pengeluaran, pembersihan infeksi.
c.       Batasi pengunjung sesuai indikasi. Rasional : menurunkan pemajanan terhadap patogen infeksi lain.
d.      Lakukan  isolasi pencegahan sesuai individual. Rasional : mencegah penyebaran / melindungi pasien dari proses infeksi lain.
e.       Anjurkan pasien memperhatikan pengeluaran sekret dan melaporkan perubahan warna, jumlah dan bau sekret. Rasional : Pengeluaran sputum amat penting, perubahan karakteristik sputum menunjukkan perbaikan pneumonia atau terjadinya infeksi sekunder.
f.       Ajarkan tehnik mencuci tangan yang baik. Rasional : Efektif berarti menurunkan penyebaran / tambahan infeksi
g.      Kolaborasi pamberian antimikrobial sesuai indikasi dengan hasil kultur sputum / darah, misalnya penicillin, eritromisin, tetrasiklin, amikain, sepalosporin & amantadin. Rasional : untuk membunuh kebanyakan microbial. Komplikasi antiviral dan antijamur mungkin digunakan bila pneumonia diakibatkan oleh organisme campuran.
                                                                                                      
Diagnosa Keperawatan 5
Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan kemungkinan berhubungan dengan peningkatan kebutuhan metabolik sekunder terhadap demam dan proses infeksi.
Tujuan:menunjukkan peningkatan nafsu makan, mempertahankan/meningkatkan berat badan.
a.       Tindakan / intervensi :
Mandiri
1)      Indentifikasi factor yang menyebabkan mual / muntah misalnya : sputum banyak, pengobatan aerosol, dispnoe berat, nyeri. Rasional : pilihan intervensi tergantung pada penyebaran masalah
2)      Berikan wadah tertutup untuk sputum dan buang sesering mungkin Rasional : Menghilangkan tanda bahaya, rasa, bau dari lingkungan pasien dan dapat menurunkan mual.
3)      Auskultasi bunyi usus , observasi / palpasi distensi abdomen. Rasional : Bunyi usus mungkin menurun / tak ada bila proses infeksi berat/memanjang.
4)      Berikan makan porsi kecil tapi sering termasuk makanan kering Rasional : Tindakan ini dapat meningkatkan masukan meskipun nafsu makan mungkin lambat untuk kembali.

Diagnosa Keperawatan 6
Resiko kekurangan volume cairan b.d intake cairan oral tidak adekuat, kehilangan cairan aktif
1.      Tujuan : Mempertahankan masukan cairan secara adekuat
2.      Kriteria hasil :
a.         Mempertahankan berat jenis urine dalam batas normal
b.         Tanda-tanda vital normal
c.         Tidak terlihat mata cekung, kulit lembab, membran mukosa lembab
3.      Intervensi :
a.       Kaji faktor penyebab resiko kekurangan cairan. Rasional : mengetahui penyebab akan menentukan intervensi yang akan dilakukan selanjutnya.
b.      Monitor status hidrasi (mukosa baik, nadi normal, tekanan darah normal). Rasional : status hidrasi yang buruk menunjukkan tanda dan gejala terjadinya kekurangan cairan.
c.       Monitor hasil laborat yang tepat (BUN ↑, ↓ HCl, kepekatan urine). Rasional : menunjukkan tanda dan gejala terjadinya kekurangan cairan.
d.      Berikan cairan yang disukai dalam batas diit. Rasional : cairan yang disukai meningkatkan asupan cairan yang masuk dalam tubuh, intake cairan tercukupi.
e.       Ajarkan pada keluarga bahwa kopi, teh, jus buah anggur menyebabkan diuresis dan menambah kehilangan cairan. Rasional : keluarga paham meningkatkan kerjasama untuk menghindari terjadinya kekurangan cairan pada pasien.
f.       Kolaborasi pemberian cairan IV sesuai terapi dokter. Rasional : mencukupi cairan yang tidak bisa masuk melalu oral.

Diagnosa Keperawatan 7
Intoleransi aktifitas kemungkinan berhubungan dengan ketidakseimbangan antara suplai dan kebutuhan oksigen, kelemahan umum.
1.    Tujuan : Melaporkan / menunjukkan peningkatan toleransi terhadap aktivitas yang dapat diukur dengan tak adanya dispnoe, kelemahan berlebihan dan tanda vital dalam rentang normal.
2.    Tindakan / intervensi :
Mandiri
a.       Monitor respons pasien terhadap aktivitas.
Rasional : menetapkan kemampuan, kebutuhan pasien dan memudahkan pilihan intervensi.
b.      Berikan lingkungan tenang dan batasi pengunjung selama fase akut sesuai indikasi. Rasional : menurunkan stress dan rangsangan berlebihan, meningkatkan istirahat.
c.       Jelaskan pentingnya istirahat dalam rencana pengobatan dan perlunya keseimbangan aktivitas dan istirahat. Rasional : Tirah baring dipertahankan selama fase akut untuk menurunkan kebutuhan metabolic, menghemat energi untuk penyembuhan.
d.      Bantu pasien memilih posisi nyaman untuk istirahat dan / atau tidur Rasional : Pasien mungkin nyaman dengan kepala lebih tinggi.
e.       Kolaborasi dengan fisioterapi jika perlu. Rasional : Meningkatkan kemampuan aktivitas pasien sesuai kemampuan maksimal.

EVALUASI KEPERAWATAN
       DX 1 Bersihan jalan napas tidak efektif 
Bersihan jalan nafas, menunjukkan jalan nafas paten dengan bunyi nafas bersih, tak ada
dispnoe.

DX 2 Gangguan pertukaran gas
Perbaikan ventilasi dan oksigenasi jaringan dengan GDA dalam rentang normal dan tak ada
gejala distress pernafasan.

DX 3 Hipertermi
Termoregulasi pada pasien stabil dan dalam batas normal

DX 4 Resiko Infeksi
Perbaikan infeksi berulang tanpa komplikasi

DX 5 Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan
Menunjukkan peningkatan nafsu makan, mempertahankan/meningkatkan berat badan.

DX 6 Resiko kekurangan volume cairan 
      Mempertahankan masukan cairan secara adekuat

DX 7 Intoleransi aktivitas 
      Peningkatan toleransi terhadap aktivitas yang dapat diukur dengan tak adanya dispnoe, kelemahan berlebihan dan tanda vital dalam rentang normal

DAFTAR PUSTAKA

Brashers, Valentina L.  2007. Aplikasi Klinis Patofisiologi : Pemeriksaan & Manajemen Edisi 2. Jakarta : EGC
Herdman, T. Heather. 2012. NANDA Internasional Diagnosa Keperawatan Definisi dan Klasifikasi 2012-2014. Jakarta: EGC
Indriasari, Devi. 2009. 100% Sembuh Tanpa Dokter A-Z Deteksi, Obati dan Cegah Penyakit. Yogyakarta : Pustaka Grhatama
Misnadiarly. 2008. Penyakit Infeksi Saluran Napas Pneumonia pada Anak, Balita, Orang Dewasa, Usia Lanjut. Pustaka Obor Populer : Jakarta
Nurarif, Amin Huda dan Hardhi Kusuma. 2013. Aplikasi NANDA NIC NOC. Yogyakarta : Media Action Publishing
Somantri, Irman. 2007. Keperawatan Medikal Bedah Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Gangguan Sistem Pernapasan. Jakarta : Salemba Medika

166 komentar:

  1. Materi askepnya lengkap banget.. makasih gan atas informasinya dan saya ijin kopi ya... Maju terus keperawatan indonesia..
    Mampir ke blog saya ya..
    Blog Kanker
    Pregnancy information
    Blog tutorial

    BalasHapus
  2. Makasih, askepnya sangat lengkap dan rasional...izin copas gan

    BalasHapus
  3. This is true bernar page tremendous amount of information obtained is delighted to be bet to play in the yard of your incredible I found your page on google
    Cara Mengobati Jantung Koroner
    Obat Usus Buntu
    Cara Mengobati Tipes
    Cara Mengobati Stroke
    Cara Mengobati Ambeien
    Cara Mengobati Gondok

    BalasHapus
  4. very interesting article, read and understood very easily. I love articles like this one, simple and unbiased. God bless you

    Cara Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami
    Apakah Penyakit Luka Diabetes Bisa Sembuh
    Obat Benjolan Di Payudara Kanan

    BalasHapus
  5. thanks for posting on the website you wish more success .. I wait for my next post

    obat kista ovarium
    obat cedera lutut
    obat trigliserida tinggi
    obat sindrom nefrotik

    BalasHapus
  6. Informoasinya sangat bagus , dibaca juga enak , tidak belibet saya suka artikel kesehatan seperti ini , ini menjadi salah satu contoh bagi saya untuk membuat artikel sejenis

    Obat Tradisional Buah Zakar Bengkak
    Obat Hipertensi Herbal
    Obat Tradisional Radang Empedu

    BalasHapus
  7. Tahukah anda ? bahwa hasil penelitiain baru-baru ini menunjukan bawah hewan laut tak bertulang teripang atau gamat emas terbukti mampu melawan dan memusnahkan tumor atau kanker karena mengandung Forndoside A yang telah terbukti mampu membunuh sel kanker paru paru, kanker hati, kanker usus, kanker prostat hingga kanker prostat sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati tumor atau kanker.

    BalasHapus
  8. inilah cara herbal untuk membantu proses penyembuhan keluhan penyakit fatty liver , bisa anda simak
    di obat herbal fatty liver. kini hadir obat lipoma tradisional yang hadir dari bahan herbal yang lebih komplit. Produk Green World yang di jadikan sebagai pengobatan herbal ginjal bocor

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Informasi yang di berikan sangat menarik dan bermanfaat , gaya bahasa yang di gunakan gampang untuk di mengerti , terimakasih untuk informasi nya .

    Obat Tradisional Infeksi Usus Dan Lambung
    Obat Sakit Pangkal Paha Sebelah Kiri Yang Manjur
    Cara Mengobati Radang Selaput Otak (Meningitis) Manjur

    BalasHapus
  12. Thank you for the information gan, may be useful for all of us.
    Greetings from us:
    Links We wish Beneficial For Information About Health.

    Cara Mengobati Hernia Terbaik
    Cara Mengobati Penyakit Liver Secara Alami
    Obat Herbal Jantung Bocor Ampuh
    Obat Herbal Leukimia Tanpa Kemoterapi
    Obat Herbal Bronkitis Pada Anak

    We Wait Further Information gan ....

    BalasHapus
  13. Very nice article, after I read, it is very easy to understand article. So I hope this article is updated every day. God bless and good luck

    Obat TBC Alami Terbukti Manjur
    Obat Kanker Rahim Alami Ampuh
    Obat Hipertensi Herbal
    Ahlinya Obat Stroke
    Ahlinya Obat Asam Urat

    BalasHapus
  14. Terimakasih untuk informasi nya , informasi yang di berikan sangat menarik dan mudah untuk di pahami , di tunggu untuk informasi selanjut nya !!

    Obat Asam Lambung Tinggi Alami

    BalasHapus
  15. I ave always known that pneumonia is a very dangerous disease especially when it comes to children, but what i didn't know is that there is very much more to know about it. I am glad that i found this post, i can confidently say that i know a lot about pneumonia. 3D, PVC & Beautiful Wallpapers Thank you very much and keep sharing.

    BalasHapus

  16. After I visited this page, and I read, it turns out the information presented in this article is very useful. Good and keep going

    Obat Kencing Batu Di Apotik
    Obat Asam Lambung Tinggi Di Apotik
    Nama Obat Hepatitis Di Apotik
    Obat Radang Usus Di Apotik
    Obat Kudis Yang Ada Di Apotik

    BalasHapus
  17. After I read and understand this article, it turns out this article is very useful and worth visiting.
    Because people who visit this page will gain new knowledge and insight.
    Good luck comrade

    Obat Tradisional Infeksi Saluran Kencing
    Obat Tipes Tradisional Paling Manjur
    Pengobatan Alami Miom Secara Tradisional
    Obat Polip Hidung Di Apotik

    BalasHapus
  18. Hello! Offer you because your articles! This is very absorbing! On to catalogue more, with impatience I wishes mark time for dirt from you

    Nama Obat Nyeri Sendi Di Apotik
    Obat Tumor Ovarium Tanpa Operasi
    Cara Menyembuhkan Lambung Luka Sampai Tuntas

    BalasHapus
  19. Thanks for the information presented on your website
    Very in waiting for other information


    obat varikokel tradisional
    obat tuba falopi tersumbat
    obat herbal hipotensi manjur

    BalasHapus

  20. Your articles are very useful, good, nice to read, simple and contain. Updated constantly mister

    Cara Pengobatan Asam Urat Dengan Daun Kelor
    Cara Pengobatan Asam Urat Dengan Daun Salam

    BalasHapus
  21. Thanks for the information presented on your website
    Very in waiting for other information

    Tanaman Obat Kista
    obat alami hepatitis a

    BalasHapus
  22. We are provides list of Verified Foogle Packers and Movers get free quotes compare to save money and select the best # www.fooglepackers.com
    packers and movers bangalore
    packers and movers gurgaon
    packers and movers pune

    BalasHapus
  23. Thanks for the information you have provided, It is very helpful. Please improve again

    Ramuan Obat Higienis Sakit Gigi Karna Keropok Dan Berlubang

    BalasHapus
  24. http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-noida.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-ghaziabad.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-faridabad.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-thane.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-navi-mumbai.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-kolkata.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-guwahati.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-chandigarh.html

    BalasHapus
  25. http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-bangalore.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-pune.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-mumbai.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-hyderabad.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-gurgaon.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-chennai.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-delhi.html

    BalasHapus
  26. Moving and Packing, Loading, transportation, unpacking, unloading, rearranging goods and furniture or other households take time and make it people tired. Now, we are here to remove your tiredness and tension because we have great quality services for you that provide awaypackersmovers.in you comfort and ease. Everyone wants to get the hassle-free and safe execution of removal process with no damages of goods in the transit. There are lots of professional Packers and Movers Company in India and our company is one of the best leading Away Packers and Movers Company. We provide services such as household and residential relocation, office and corporate relocation and international movements, industrial goods shifting etc. With these helpful services we commit to our customers to complete whole process from packing to loading and unloading to unpacking and rearranging.
    Away Packers and Movers
    Packers and Movers Chandigarh
    Packers and Movers Noida
    Packers and Movers Faridabad
    Packers and Movers Ghaziabad
    Packers and Movers Navi Mumbai
    Packers and Movers Thane
    Packers and Movers Guwahati
    Packers and Movers Kolkata

    BalasHapus
  27. Information is very useful, happy to be on your page, thanks to the information you shared. Good luck always!!
    Obat Hidrosefalus
    Obat Pielonefritis
    Obat Radang Lambung
    Obat Penyakit Lupus
    Obat Kulit Gatal-Gatal Merah

    BalasHapus
  28. Sites like these I'm looking for
    Thanks for the information, in tunggua keep the latest news

    obat nyeri bahu tradisional
    obat sakit lutut saat di tekuk
    obat kanker nasofaring tradisional

    BalasHapus
  29. Manes workers are for factor culpability towards benefit all around the ultimate involving creating once transfer benefit all around improving from get laid items well informed duties all over time. Therefor needs improving east blushing in addition functionality if you have to whereabouts the tough to only safely and care of you valuables to extra length commonly generally is an excellent a technique of best quality for an entire to take a tasking in Mumbai.

    http://www.fooglepackers.com/packersmovershyderabad.html

    http://www.fooglepackers.com/packersmoverspune.html

    http://www.fooglepackers.com/packersmoversmumbai.html

    BalasHapus
  30. Good morning and how are you gan !!
    The information that you share is very useful for us, and if we can improve it more so, more visitors interested in reading this artikell. And we also want to ask permission to provide information about health, which may be useful also for you.
    Obat Herbal Miom Dan Kista
    Obat Gatal Alergi Eksim
    Cara Mengatasi Kutil Kemaluan Wanita
    Cara Alami Menyembuhkan Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita
    Cara Menyembuhkan Luka Bakar yang Melepuh
    Thank you for giving permission. Success continues!

    BalasHapus
  31. Sungguh bermanfaat atas apa yng sudah anda berikan. ini info penting buat kami, Terima kasih. Jangan lupa kunjungi AgaricPro

    BalasHapus
  32. Sangat bermanfaat dan luar biasa terimakasih atas informasinya. Jangan lupa kunjungi Obat Asma

    BalasHapus
  33. Terimakasih atas informasi yang diberikan, sangat bermanfat sekali. Jangan lupa kunjungi situs kami di Obat Jantung

    BalasHapus
  34. nice article http://www.dompetmgm.com/

    BalasHapus
  35. Sungguh bermanfaat atas apa yang sudah anda berikan. ini info penting buat kami, Terima kasih. Jangan lupa kunjungi AgaricPro

    BalasHapus
  36. Sangat baik dan luar biasa, artikel yang memberikan informasi terkini. Celana Hernia

    BalasHapus
  37. Artikel yang anda berikan sangat luar biasa. Terima kasih atas informasinya Obat Hidrokel

    BalasHapus
  38. luar biasa informasinya sangat bermanfaat
    http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/

    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/

    BalasHapus
  39. http://obatasamuratagaricpro.com/obat-stroke-paling-fenomenal/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-hepatitis-akut/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-kanker-prostat-yang-ampuh/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-jantung-koroner-ampuh/


    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-prostat-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-hernia-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-jantung-koroner-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

    BalasHapus
  40. thanks for informations
    https://tokoherbalnesv.blogspot.com/

    BalasHapus
  41. Your page is very good and very satisfying, I became interested.

    Komplikasi Gondok Beracun

    BalasHapus
  42. Your article is very satisfying and very good, I'm proud of you.

    Gejala dan Komplikasi Infeksi Lambung

    BalasHapus
  43. Terima kasih atas informasi yang sangat bagus. Terima kasih.
    http://bit.ly/2GUPeKe Cara Memilih Baja Ringan Berkualitas
    http://bit.ly/2TuJc4b Mengenal Baja Ringan Berkualitas Paling Laris
    http://bit.ly/2CRBE6t Pemesanan dan Pemasangan Baja Ringan Depok
    http://bit.ly/2VzrT40 Baja Ringan Termurah dan Terlaris 2019

    BalasHapus
  44. I really like your article, hopefully you can share other interesting information.
    Penyebab Kaki Bengkak

    BalasHapus
  45. The article you created is very helpful. thanks

    Essen Ikan Nila Babon

    BalasHapus
  46. Bait is the key to the successful entanglement of fish in our hook.

    Umpan Ikan Mas Babon Paling Ampuh

    BalasHapus
  47. For those of you who like pomfret fishing, let's look at our website as follows:

    Essen Ikan Bawal Galatama Babon

    BalasHapus
  48. Thank you for the cooperation. Also visit our website.

    Essen Ikan Bawal Galatama Indukan

    BalasHapus
  49. Your article is very useful. Also visit our website (:

    Umpan Ikan Mas Dengan Media Kroto

    BalasHapus
  50. Bait is the key to successfully entangling fish in your hook.

    Umpan Alami Ikan Patin Liar Di Sungai

    BalasHapus
  51. All the games you can play on the Sega Genesis - AprCasino
    The best part is, of course, the herzamanindir.com/ game, apr casino is that there are very few people who do a lot septcasino of the hard work. The best filmfileeurope.com part https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ is, if the

    BalasHapus