Minggu, 07 Desember 2014

PENCEGAHAN PRIMER PADA LANJUT USIA makalah keperawatan gerontik

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pencegahan Primer dengan Pemenuhan Kebutuhan Primer pada Lansia
1.      Kebutuhan nutrisi dan kebutuhan kesehatan mulut
Orang-orang yang telah mempertahankan kebiasaan makan yang sehat sepanjang hidup mereka memiliki sedikit kebutuhan untuk berubahan di masa tua nya. penekanan pada minum banyak cairan seperti air dan atau lemak susu, asupan serat yang tinggi, serta menambahkan multivitamin untuk diet juga ditekankan adalah pentingnya atau latihan rutin dengan menggambarkan kegiatan umum yang mencakup tugas sehari-hari dan pekerjaan rumah tangga (universitas jumbai 2011 ) Banyak orang tua belum melakukan usaha tersebut tetapi mungkin perlu untuk melakukannya karena proses penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskular umumnya percaya bahwa orang tua perlu untuk mempertahankan berat badan optimal dengan makan makanan yang rendah lemak, mempertimbangkan karbohidrat, dan tinggi protein dengan jumlah kalori harian dari 1.200 sampai 1.600, makanan dengan kalori kosong seperti asin, makanan ringan, permen, lemak, makanan, dan alcohol harus dibatasi,  mereka memenuhi kebutuhan rasa lapar dengan memuaskan nafsu makan saja, sambil memberikan gizi sedikit, sereal dan biji-bijian, kacang kering, dan kacang-kacangan dapat menyediakan serat yang dibutuhkan, dan makan buah-buahan dan sayuran bervariasi, juga memberikan kontribusi serat dan membantu untuk mencegah degenerasi sel, hal lain yang penting untuk mengingatkan orang tua adalah untuk asupan cairan yang cukup terutama delapan gelas sehari, dan banyak orang tua memiliki rasa cepat haus dan dapat dengan mudah mengalami dehidrasi jika mereka tidak mengimbangi dengan asupan cairan. Kemajuan besar di bidang kesehatan mulut termasuk Technoogy gigi, kebersihan mulut yang lebih baik, dengan mempertahankan gigi asli mereka. Kesehatan mulut dan kebersihan kebutuhan gigi tidak dikaitkan dengan usia, Makan, mengunyah, dan menelan harus menjadi proses yang rumit dan alami, makan harus dinikamati dan pelan-pelan, Selain menjaga diet dan asupan makanan juga hindari makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin, hindari alcohol, dan tembakau, dianjurkan minum air florida atau menggunakan pasta gigi fluorida (Judith, 2014).

2.      Kebutuhan latihan
Lansia membutuhkan latihan, kenyataan nya mereka tumbuh dengan latihan yang bergabung dengan rutinitas sehari hari nya.penelitian membuktikan bahwa latihan dan aktivitas fisik meningkat mempunyai keuntungan yang berlipat untuk meringankan radang sendi pada lansia, pemulihan keseimbangan dan penurunan resiko jatuh, memperkuat tulang belakang, menjaga berat badan yang ideal, mengontrol gula darah,  juga menjaga status kesehatan, tidur teratur, mengurangi resiko penyakit hati.Perawat kesehatan umum dapat mendorong latihan klien dan faktor kekuatan dapat mencegah nya dari latihan secara teratur, cacat fisik tidak menjadi penghalang bagi latihan (Judith, 2014).

3.      Tidur
Tidur adalah bagian kebutuhan untuk menjaga kesehatan seseorang. Tidur sangat penting untuk kesehatan, produktivitas, energi, dan keseimbangan emosional. Pada orang lanjut usia, tidur yang cukup diperlukan untuk melawan infeksi dan mendukung metabolisme gula untuk mencegah diabetes atau untuk bekerja secara efektif dan aman. Waktu tidur dan durasi mempengaruhi sejumlah endokrin, metabolik, dan fungsi neurologis yang penting untuk pemeliharaan kesehatan individu. Diobati, gangguan tidur dan tidur pendek kronis berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan semua penyebab kematian.Beberapa perubahan tidur yang alami dengan penuaan. Tubuh menghasilkan tingkat lebih rendah dari hormon pertumbuhan, sehingga penurunan gelombang lambat atau tidur nyenyak. Penyakit sering berarti tidur lebih terfragmentasi (lebih siklus tidur cepat) dan lebih terbangun diantara siklus tidur. Sebagai ritme sirkardian (jam internal yang memberitahu anda kapan harus tidur dan kapan harus bangun) perubahan, orang lanjut usia ingin tidur lebih awal di sore hari dan bangun lebih awal di pagi hari. Jika waktu tidur tidak sesuai dengan perubahan ini, orang lanjut usia mungkin merasa sulit untuk tidur.Orang lanjut usia juga cenderung lebih sering bangun di malam hari. Akibatnya, mereka harus menghabiskan lebih lama di tempat tidur di malam hari untuk jam tidur yang dibutuhkan, atau mungkin harus tidur siang di siang hari. Dalam kebanyakan kasus, perubahan tidur seperti normal dan tidak menunjukkan masalah tidur (Help Guide, 2011j). Sementara kebutuhan tidur dari orang ke orang bervariasi, orang dewasa yang sehat cenderung membutuhkan antara 7,5 hingga 9 jam per malam untuk fungsi yang terbaik mereka (Panduan Bantuan, 2011j).Konsekuensi kognitif dan medis dari gangguan tidur yang tidak diobati menurunkan kualitas kesehatan terkait hidup, berkontribusi terhadap keterbatasan fungsional dan hilangnya kebebasan, dan berkaitan dengan peningkatan risiko kematian dari setiap penyebab. (Healthy People 2020, 2010b)

4.      Keamanan Kebutuhan Ekonomi, Kemiskinan
Keamanan ekonomi adalah kebutuhan utama lainnya untuk oranglanjut usia. Kawatir tentang keuangan adalah salahsatu yang sering melemahkan usia tua. Takut biaya yang tinggi dari penyakit yang utama dan tidak ingin menjadi beban keluarga atau teman-teman, banyak orang tua berkomunikasi keuangan mereka yang terbatas dengan makan hemat, menggunakan sumber daya kesehatan dengan hemat, tidak minum obat atau hanya minum obat dalam dosis parsial, mengurangi biaya untuk pemanasan rumah dan pendinginan, dan secara umum, menghabiskan sedikit pada diri mereka sendiri. Orang kadang-kadang harus memilih antara makanan, perumahan, dan obat-obatan. Faktor lain yang mendorong peningkatan biaya perawatan kesehatan bagi populasi yang menua adalah bahwa banyak klien menunggu sampai mereka benar-benar sakit sebelum mencari perawatan kesehatan. Dalam menunggu kondisi untuk memperbaiki atau pergi, mereka sering kehilangan program tindakan kesehatan preventif dan berbasis masyarakat penting yang dapat memaksimalkan fungsi dan membantu klien menjaga kesehatan. Terlalu sering, rasa takut sendiri dari kenyataan kesulitan keuangan mencegah lanjut usia dari menjalani hidup penuh dan aktif.Untuk orang lanjut usia saat ini yang telah hidup bertahun-tahun dengan pensiun masa lalu dan mungkin belum direncanakan untuk keamanan keuangannya antara tambahan dan pengeluaran, tahun yang tidak terduga, ketakutan tidak ditemui. Menempatkan orang tua yang berhubungan dengan komunitas di masyarakat dapat meringankan sumber dari stres dan kecemasan. CHN juga dapat memberikan informasi tentang potensi penipuan pelanggan (skema telemarketing) ditargetkan untuk orang tua. Ini adalah bentuk pelecehan keuangan yang dilakukan oleh penjahat yang tidak memiliki hubungan pribadi dengan para korban, dan senior dengan pendapatan pensiun, tabungan, atau properti yang tidak proporsional ditargetkan. Kerugian dari jenis penipuan bisa menghapus seumur hidup tabungan dan meninggalkan orang lanjut usia merasa bodoh dan tak berdaya (Judith, 2014).
\


5.      Kebutuhan Psikososial
Semua manusia memiliki kebutuhan psikososial yang harus dipenuhi untuk hidup mereka menjadi kaya dan memuaskan. Tanpa hubungan yang sehat dengan orang lain, hidup bisa sangat kesepian dan kurang berkualitas. Dengan bertambahnya usia, banyak masalah psikososial . Masalah utama yang dihadapi mayoritas penduduk penuaan kami adalah mengatasi beberapa kerugian. Selain itu, mempertahankan kebebasan, interaksi sosial, persaudaraan, dan tujuan nya adalah kesehatan untuk lanjut usia. Orang lanjut usia yang mempertahankan kesehatan yang baik dan mempunyai dukungan sistem pengembangan dari keluarga dan teman-teman akan hidup lebih terpenuhi. Program seperti pengunjung yang ramah, di mana relawan secara teratur bertemu dengan senior terisolasi baik di rumah mereka atau fasilitas perawatan jangka panjang, dapat metode yang efektif meningkatkan dukungan sosial bagi mereka yang tidak memiliki anggota keluarga terdekat (Judith, 2014).

6.      Interaksi, persaudaraan, dan tujuan
Interaksi, persahabatan, dan tujuan Orang tua perlu persahabatan dan interaksi sosial, khususnya jika mereka tinggal sendirian. Perusahaan orang lain dan persahabatan itu, dari hewan peliharaan rumah tangga jalan untuk berekspresi dan respon dan menambahkan arti hidup (owen, 2007). Seiring bertambahnya usia, jaringan sosial mereka melemah, dan CHN dan lain-lain dapat membantu meningkatkan kesehatan psikososial mereka dengan bekerja pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat tingkat (chong, 2007). Masalahnya adalah dari significane terbesar bagi perempuan, yang melebihi laki-laki jauh di tahun-tahun laser dan lebih sering hidup sendiri. Hal ini juga penting untuk orang dewasa yang lebih tua tanpa menemukan dan mengembangkan persahabatan dengan seseorang yang ca dianggap kepercayaan, seseorang di pos dan kepercayaan. Ini bisa menutup akan teman dekat seorang sbling, putra atau putri atau kenalan. Orang ini biasanya terlihat setiap hari atau berbicara dengan di telepon setiap minggu pada ibu khususnya dan putri membentuk ikatan kepercayaan. Banyak wanita mempertimbangkan sbling kepercayaan, terutama jika orang Thar levis dekat ini terutama berlaku untuk punya anak dan wanita lajang. Kegiatan yang berarti adalah kebutuhan lain pf orang dewasa yang lebih tua yang menambahkan tujuan hidup semacam peran aktif dalam kehidupan masyarakat sangat penting untuk kesehatan mental, kepuasan dan harga diri. Theseactivities dapat berkisar dari keterlibatan dalam hobi, seperti berkebun atau kerajinan, secara sukarela bekerja atau bahkan penuh waktu-emplotment. Contoh  Foster Kakek federal didukung dari 5 juta orang Amerika dalam pelayanan (The Corporation Nation dan Communitiy Layanan, 2011b). Maskapai dewasa yang lebih tua anak-anak cacat, sakit parah, dan orang-orang lain yang membutuhkan. Peluang relawan tambahan berlimpah. Secara internasional, banyak profesional yang lebih tua bergabung dengan Peace Corps, yang dimulai pada awal 1960-an. di dalam komunitas global yang membutuhkan layanan untuk meningkatkan kesehatan pribadi, pendidikan, lingkungan, dan masyarakat yang lebih besar (Peace Corps, 2009). Pada tingkat nasional program AmeriCorps mirip tapi dengan 10 bulan sukarela komitmen dengan lembaga nirlaba dan pemerintah lokal dan nasional. Orang-orang pensiun bisa menjadi sukarelawan untuk membantu orang lain, menyumbangkan keahlian mereka pada suatu waktu dalam hidup mereka ketika mereka berada dalam masa transisi dari pekerjaan untuk pensiun atau untuk mengisi masa pensiun aktif (AmeriCorps, 2011). Melalui perusahaan nasional dan Pengabdian Masyarakat, orang dewasa taksi relawan dalam program (RSVP) pensiun dan senior, atau Program kakek Foster. Program Companion Senior di sebuah perkumpulan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dan lingkungan (Senior Corps, 2011; The coporation Nasional dan masyarakat Srvice, 2011b). lingkungan Alliance for Keterlibatan Senior (EASI) adalah koalisi nirlaba penuaan, Relawan, dan organisasi lingkungan yang dimulai pada 1991.Itu mensponsori berbagai program lingkungan terfokus, seperti membantu elang Mountain Sanctuary untuk melindungi burung pemangsa, atau sungai dan saluran air lainnya untuk kebersihan. Banyak orang dewasa yang lebih tua memilih non untuk terlibat dalam relawan jangka panjang, dan program lain yang lebih sesuai untuk mereka. Elderhosted, Inc., Pemimpin dunia tidak-untuk-keuntungan belajar seumur hidup sejak tahun 1975, adalah pencipta Jalan Cendekia petualangan pendidikan menyediakan berkualitas tinggi, terjangkau, petualangan pendidikan untuk orang dewasa yang 55 tahun dan older.it dan wisata organisasi untuk orang dewasa yang lebih tua, yang menawarkan "lebih di 150 negara" (Jalan Scholar 2011, alinea 1). , Jangka pendek-mereka tema berbasis (3 hari sampai 3 minggu) program pendidikan yang diresapi dengan soirit persahabatan dan advebture. Keberhasilan program ini didasarkan pada pengakuan bahwa  adalah proses seumur hidup yang menguntungkan pada usia berapa pun dan itu adalah belajar (Judith, 2014).

7.      Kebutuhan Keamanan
Orang dari segala usia memiliki kebutuhan keamanan, dan masalah keamanan merupakan perhatian utama bagi orang dewasa yang lebih tua dan CHN yang bekerja dengan mereka. Beberapa fokus area yang dibahas disini adalah kesehatan pribadi dan keselamatan, keamanan rumah dan keselamatan masyarakat.Kesehatan dan keselamatan pribadi mencakup tiga bidang utama: imunisasi, pencegahan penyakit, dan keamanan obat. Imunisasi tidak hanya untuk anak-anak. Orang dewasa yang lebih tua beresiko tidak hanya tertular influenza atau pneumonia, tetapi juga kematian akibat penyakit itu. Menurut CDC, pada tahun 2007, influenza menyumbang sekitar 46,000 kematian tahunan antara mereka yang berusia 65 dan keatas '(CDC 2011c). meskipun tingkat imunisasi influenza secara keseluruhan di antara orang dewasa yang lebih tua telah terus meningkat antara 15% dan 20% sebelum 1.980 sampai 68,9% pada tahun 2007, beberapa senior masih menolak untuk melakukan vaksinasi tahunan untuk penyakit yang menyebabkan lebih dari 200.000 orang Amerika dirawat di rumah sakit dan sekitar 36.000 kematian (Yayasan Nasional untuk Penyakit Infeksi 2008).

8.      Immunisasi
DC merekomendasikan bahwa semua orang dewasa lebih dari 50 menerima tiga immunisasi, untuk influenza, pneumonia, dan herpes zoster (CDC, 2010k, nd). sedangkan influenza tidak membunuh dan estimasi 36,000 per tahun, pada orang dewasa yang lebih tua itu adalah efek memperburuk kondisi lain (misalnya, pneumonia, gagal jantung kongestif, PPOK) yang membuat flu perhatian besar pada orang dewasa yang lebih tua dilaporkan memiliki flu shot.dimana tetap namun, perbedaan ras dan etnis dalam tingkat vaksinasi senior. Sementara 70% dari non Hispanik dan hanya 50% dari orang kulit hitam non Hispanik menerima suntikan flu (Federal Antar Forum on Aging Statistik Terkait, 2010) .Ada ras dan etnis disparitas ditemukan bahkan dalam kelompok yang biasanya paling mungkin untuk memanfaatkan kesehatan peduli layanan (misalnya, mereka dengan tingkat pendidikan tinggi, mereka yang memiliki lebih sering kunjungan ke penyedia layanan healt). Alasan fpr disparitas terus tidak dipahami dengan baik tetapi dianggap berkaitan dengan perbedaan dalam pengaturan perawatan (misalnya tingkat vaksinasi lebih rendah dengan penyedia tertentu), kurangnya kepercayaan di penyedia, dan masalah komunikasi, terutama dengan mereka yang tidak berbahasa Inggris dengan baik . Ketika PHns bekerja dengan senior, penting untuk memasukkan upaya penjangkauan, seperti budaya targering komunikasi menjangkau mereka penyedia melayani populasi ini dan menawarkan klinik vaksinasi di bagian terlayani masyarakat. Tingkat cakupan vaksin Pnemococcal juga terus meningkat dari 38,4% pada tahun 1995 menjadi 66,8% pada tahun 2009, namun improvent masih diperlukan (CDC, nd). Meskipun ini merupakan perbaikan besar, itu doe tidak mencapai orang-orang sehat 2010 tujuan cakupan vaksin 90% untuk penyakit yang menyebabkan lebih dari 200.000 orang Amerika dirawat di rumah sakit dan sekitar 36.000 kematian (CDC, 2010i.2010j, National Yayasan diseases2008). Pada tahun 2008 60% dari orang dewasa yang lebih tua tidak pernah menerima vaksin pneumonia. Mirip dengan vaksinasi flu, kelompok ras dan etnis tertentu tetap jauh di bawah orang-orang dari populasi genral. Misalnya, hanya 45% dari Afrika Anericans dan 36% dari Hispanik memiliki vaksinasi pneumonia (forum antar pemerintah federal statistik yang terkait penuaan 2010). Upaya untuk meningkatkan cakupan imunisasi melibatkan perubahan pengetahuan penyedia, sikap, dan perilaku melalui pengingat dan berdiri orders.so bahwa "kesempatan yang hilang" ketika melihat cliens dicegah. Salah satu metode sederhana adalah dengan meminta klien abaout keyakinan dan ketakutan yang berhubungan dengan imunisasi mereka dan kemudian addres secara langsung dan jujur​​. Peluang tambahan untuk vaccinatijg orang ada di luar pengaturan perawatan primer, seperti CHNs sangat menyadari. Orang dapat dicapai selama kunjungan gawat darurat, di lingkungan dan pusat-pusat senior, di fasilitas keagamaan dan dalam pengaturan lain di mana orang tua saya berkumpul. Terlepas dari situs, sebuah metode untuk pelacakan dan mengkomunikasikan informasi vaksinasi dapat didokumentasikan dan berbagi dengan penyedia perawatan primer yang lebih tua itu. Dokter ofren gagal untuk mendokumentasikan imunisasi untuk orang dewasa pasien. Imunisasi pada populasi risiko mereka melindungi masyarakat secara keseluruhan. Orang-orang dari segala usia dengan orang penyakit pernafasan kronis tua kemudian 65 tahun harus encouragedto menerima petunjuk vaccnine flu dan vaksin pneumonia setiap 5 tahun (Judith, 2014).
Herpes zoster disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV) virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Siapapun yang telah menderita cacar air dapat mengembangkan herpes zoster karena VZV tetap dalam sel-sel saraf ofnthe tubuh setelah infeksi cacar clearsand CZV dapat muncul kembali tahun kemudian menyebabkan herpes zoster. Herpes zoster adalah ruam kulit yang menyakitkan lokal sering dengan lecet. Penyakit yang paling umum terjadi pada orang berusia 50 tahun atau lebih tua, orang-orang yang memiliki kondisi medis yang menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, atau orang-orang yang reciebe immnuno suppresssivedrugs (CDC, 2011h). CDC merekomendasikan Zostavak untuk digunakan pada orang berusia 60 tahun dan lebih tua untuk menyajikan herpes zoster. Ini adalah vaksinasi satu kali. Tidak ada usia maksimal untuk mendapatkan vaksin herpes zoster (Judith, 2014).

9.      Pencegahan jatuh
Setiap tahun, sekitar sepertiga dari orang di atas usia 65 pengalaman jatuh (CDC, 2010h). Falls dan melukai dihasilkan dapat memiliki dampak yang dramatis pada kepercayaan diri dan kemandirian, sering menyebabkan penurunan mobilitas, peningkatan kelemahan, dan berkurang kualitas hidup, serta beban tambahan pada layanan kesehatan. Melukai diterima dari jatuh bisa mengakibatkan kematian, cacat, jompo masuk, dan biaya medis langsung. Pada tahun 2007, total 18.000 orang dewasa yang lebih tua meninggal karena melukai berkaitan dengan falls (CDC, 2010h). Tingkat kematian karena jatuh telah meningkat tajam dalam dekade terakhir. Pada tahun 2009, 2,2 juta jatuh pada orang dewasa yang lebih tua diperlukan kunjungan ke ruang gawat darurat. Biaya ini jatuh lebih dari $ 19 milyar pada 2000, $ 179.000.000 untuk jatuh fatal dan $ 19000000000 untuk orang-orang non-fatal (CDC, 2010h). Terjun menyebabkan sebagian besar patah tulang pinggul, yang sering dapat mengakibatkan gangguan fungsional jangka panjang yang membutuhkan perawatan rumah jompo sampai satu tahun atau lebih. Faktor penyebab melibatkan kedua bahaya enviromental (misalnya, kurangnya pegangan tangan dan permukaan nonslip) dan issuues host (misalnya, kognisi, visi). Jatuh pencegahan yang melibatkan pendidikan, penguatan dan latihan keseimbangan, evaluasi pengobatan, dan perbaikan enviromental adalah fuction penting dari CHN. Penggunaan cheklist keamanan rumah dapat memberikan perawat informasi dasar dari yang untuk memulai pengajaran ang memberikan intervensi untuk memastikan lanjutan keamanan bagi banyak senior independen yang memilih untuk tetap tinggal di rumah mereka (Judith, 2014).

10.  Obat
Obat-obatan sering diresepkan untuk mengontrol efek dari kondisi kronis, dan orang dewasa yang lebih tua tubuh dapat bereaksi secara berbeda daripada orang yang lebih muda (pada siapa obat yang paling baru tesed). Masalah keamanan yang signifikan untuk orang dewasa yang lebih tua muncul dari penggunaan precription dan over the counter (OTC) obat-obatan. Masalah bisa timbul dari masalah tunggal atau kombinasi ofissues seperti (1) jumlah obat diminum setiap hari, (2) tingkat penyerapan obat, (3) interaksi obat, dan efek samping. Dewasa yang lebih tua sering memiliki beberapa penyakit kronis yang mereka mengambil obat resep. Hal ini tidak biasa bagi orang tua untuk mengambil 4-6 obat setiap hari dan mengisi 13 resep atau lebih setiap tahun. Sementara orang dewasa yang lebih tua terdiri hanya 13% dari populasi, mereka account untuk sekitar sepertiga dari semua obat yang diresepkan di Amerika Serikat (National Institute on Drug Abuse (NIDA), 2011). Selain produk, banyak orang dewasa yang lebih tua mengambil obat OTC dan atau suplemen diet.Dewasa yang lebih tua sering menerima beberapa resep dari beberapa menyediakan dan kadang-kadang dari beberapa apotek. Hal ini menempatkan mereka dalam bahaya menerima dosis ganda dari obat yang sama atau mirip. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika salah satu dokter meresepkan obat nama merek dan yang kedua satu menulis resep untuk obat yang sama, tetapi dalam bentuk generik. Seringkali, orang tidak tahu bahwa mereka mengambil dua dosis obat yang sama. Juga, obat-obatan umum seperti acetaminophen dapat ditemukan dalam berbagai OTC dan resep obat-obatan (misalnya, obat flu, arthritis OINMENTS topikal), dan overdosis sengaja dapat menjadi masalah nyata. Waktu Penyerapan biasanya lebih lambat pada orang dewasa yang lebih tua dan perubahan distribusi obat-obatan dapat tinggal di tubuh lebih lama karena persentase yang lebih tinggi dari toko lemak, bersama dengan mengurangi fungsi hati dan ginjal yang mempengaruhi waktu clearance. Kebanyakan kejadian efek samping obat (ADES) adalah karena interaksi obat. Jumlah yang lebih besar dari obat yang diambil, semakin besar kemungkinan akan ada efek samping (Judith, 2014).
Beberapa obat atau rejimen obat yang rumit bagi banyak orang tua dapat menyebabkan interaksi obat yang tak terduga dan berbahaya prescribde untuk gejala yang sebenarnya bisa menyisihkan pengaruh obat asli. Efek samping obat atau interaksi obat dapat menyebabkan jatuh dan cacat lebih lanjut. Adlut tua membutuhkan pendidikan tentang obat yang mereka ambil dan efeknya mungkin. Mereka juga membutuhkan pengawasan yang tepat dari asupan obat mereka secara keseluruhan, termasuk melengkapi dan altenative theapies (misalnya, treatmenta herbal) dan obat bebas. Hal ini juga penting untuk semua senior untuk menyimpan daftar obat mereka saat ini dan dosis dan memiliki ini availble dalam keadaan darurat. Namun, banyak rumah sakit dan penyedia lebih memilih metode tas coklat menentukan informasi obat yang akurat; pasien diminta untuk membawa everthing mereka mengambil dengan mereka. Ini area di mana CHN dapat intevene sangat efektif dan dengan banyak keberhasilan.Konsekuensi dari polifarmasi sangat besar. Sekitar 30% dari penerimaan rumah sakit orang dewasa yang lebih tua obat terkait (Marck & Antle, 2011). Setiap Yera, di rumah sakit saja, ada 28.000 kasus lifethreatening toksisitas hati dari reaksi negatif terhadap digoxin, bentuk yang paling umum digunakan dari digitalis (yaitu, obat yang mengatur kecepatan dan kekuatan denyut haert) pada orang dewasa yang lebih tua. Sejak sebanyak 40% atau lebih dari orang-orang ini menggunakan obat ini tidak perlu, banyak dari melukai dapat dicegah (Public Citizen Kesehatan Research Group, 2011). Setiap tahun 41.000 orang dewasa yang lebih tua hospiltalized dan 3300 dari orang-orang ini meninggal karena luka yang disebabkan oleh NSAID (yaitu, obat antiinflammantory nonsteroid, ussually untuk pengobatan arthritis). Setiap tahun 32.000 orang dewasa yang lebih tua menderita patah tulang pinggul disebabkan obat diinduksi jatuh, yang mengakibatkan lebih dari 1.500 kematian. Sebuah studi dalam perawatan jangka panjang menunjukkan bahwa polifarmasi adalah faktor risiko jatuh (branzini et al., 2009). Dalam studi lain, kategori utama obat bertanggung jawab untuk jatuh mengarah ke patah tulang pinggul yang pil tidur dan transquilizers kecil (30%), obat antipsikotik (52%), dan antidepresan (17%). Semua kategori ini obat sering prescribded tidak perlu, terutama pada orang dewasa yang lebih tua (Public Citizen Kesehatan reseacrh Group, 2011). Amerika Dua juta lebih tua kecanduan atau berisiko kecanduan transquilizers kecil atau pil tidur b minimal satu tahun, meskipun tidak ada bukti yang dapat diterima bahwa ecause mereka telah menggunakan mereka setiap hari selama transquilizers efektif selama lebih dari 4 bulan (Judith, 2014).

11.  Keamanan di Masyarakat
Keamanan dapat melibatkan banyak hal, seperti pejalan kaki dan mengemudi masalah, kejahatan dan ketakutan kejahatan terhadap resiko tua, dan faktor enviromental seperti paparan sinar matahari, polusi, panas dan dingin.Karena perubahan terkait usia dalam penglihatan, pendengaran, mobilitas, dan efek dari polifarmasi, tua-tua beresiko di communitty sebagai pejalan kaki dan sebagai driver. Crash mobil dan pejalan kaki melukai dapat lifethreatening peristiwa ketika orang tua terlibat. Sebagai pejalan kaki, orang tua harus semakin waspada untuk pola lalu lintas, penyimpangan trotoar, dan kemungkinan menjadi korban kejahatan jalanan. Seringkali karena kebutuhan dan kebanggaan, orang tua berkendara lebih lama dari kemampuan mereka mengizinkan. Sebagai peole usia, mereka lebih rentan terhadap penyimpangan dalam memori dan perhatian, masalah dengan persepsi kedalaman dan jarak gaugging mobil di lalu lintas, mengurangi ketangkasan manual dan waktu reaksi, dan ampairment keterampilan lainnya penting untuk keselamatan berkendara (Panduan Bantuan, 2011h). Dewasa yang lebih tua lebih mungkin untuk menerima kutipan lalu lintas dan terlibat dalam kecelakaan mobil daripada orang yang lebih muda. Crahes Fatal mobil meningkat tajam setelah seseorang berubah 70 (Panduan Bantuan, 2011h) .. pada tahun 2008, lebih dari 5.500 orang dewasa yang lebih tua tewas dan lebih 183,000 terluka dalam kecelakaan motorvehicle. Jumlah ini 15 orang dewasa yang lebih tua tewas dan 500 luka-luka dalam kecelakaan rata-rata setiap hari. Ada 33 juta lincensed driver yang lebih tua pada tahun 2009, yang pada meningkat 23% dari tahun 1999 (CDC, 2011g). Per mil berwisata, tingkat kecelakaan yang fatal meningkatkan dimulai pada usia 75 dan meningkat lebih terutama setelah usia 80 tahun ini sebagian besar disebabkan kerentanan mengalami peningkatan untuk injry dan komplikasi medis antara driver yang lebih tua daripada kecenderungan meningkat untuk masuk ke crash (CDC, 2011g). Karena mereka umumnya memiliki penyakit kronis dan sering lemah, drive tua lebih rentan terhadap cedera dari driver yonger (Amerika Occupational Therapy Association, 2011). Menghentikan mengemudi ussually keputusan yang sulit dan menyakitkan bagi yang lebih tua untuk membuat. Beberapa commounities menawarkan kelas mengemudi khusus untuk yang lebih tua yang ingin terus mendorong untuk selama mungkin. Kadang-kadang, kunci mobil mungkin harus diambil dari sesepuh untuk nya keselamatan sendiri dan orang lain. Hal ini mungkin saya perlu terutama dengan tua-tua yang memiliki demensia, AD, masalah penglihatan uncorrectable, atau stroke terkait fisik atau kognitif setelah efek. Hanya 10 sates membutuhkan pengujian mata wajib untuk driver atas usia 65, hanya 5 negara memerlukan senior untuk memperbaharui lincences driver mereka secara pribadi, dan 2 negara memerlukan tes jalan wajib. Perawat kesehatan masyarakat mungkin needto berkonsultasi dengan orang dewasa yang lebih tua dan keluarga mereka tentang menentukan kapan saatnya para pemimpin desa untuk berhenti mengemudi.Waktu aktual terhadap resiko dewasa yang lebih tua dalam masyarakat lebih rendah dari kelompok usia lainnya penduduk: 2,8 per 1.000 kasus bagi mereka 65 dan lebih dibandingkan 12 sampai 48,4 per 1.000 bagi mereka yang berusia 50-64 tahun dan 20 sampai 24 tahun tua, masing-masing (US Department of Justice, 2008). Namun, masyarakat umum sering merasakan tua takut kejahatan sebagai isu utama. Daftar klien berpusat intervensi keperawatan yang dirancang untuk mengurangi rasa takut di kalangan adluts tua dan memberdayakan mereka merasa lebih aman dalam komunitas mereka. Faktor Lingkungan dapat memiliki efek pada kesehatan dan keselamatan eldrs ketika mereka o = luar. Paparan sinar matahari, polusi, dan paparan panas dan dingin dapat berpengaruh negatif terhadap orang dewasa yang lebih tua. Mereka rentan, seperti bayi dan anak-anak, perubahan iklim dan sholud mengambil berbagai langkah-langkah pencegahan. Ini mungkin termasuk penggunaan tabir surya ketika berkebun, membaca, atau berjalan di luar selama lebih dari 10 menit, bahkan pada hari dengan langit mendung. Langkah-langkah lain termasuk tinggal di dalam rumah pada hari-hari ketika peringatan keselamatan udara. Dringking cairan addtional, memakai pelindung, dan membatasi kegiatan di luar ruangan juga diperlukan. Coversely, membatasi waktu paparan outdoor dan mengenakan pakaian musim dingin yang tepat, terutama lapis pakaian, pada dingin, bersalju, atau hari-hari dingin adalah penting. Meskipun paparan sinar matahari bermanfaat untuk produksi vitamin D, dewasa yang lebih tua perlu berhati-hati tentang membatasi eksposur mereka. Mengajar secara geografis dan musiman tindakan pencegahan keselamatan appropriatete adalah tanggung jawab CHN memberikan layanan kepada kelompok dewasa yang lebih tua di masyarakat (Judith, 2014).

12.  Kebutuhan Rohani
Keperawatan holistik adalah ciri dari masyarakat  dan keperawatan kesehatan masyarakat. ini berarti fokus pada tubuh, pikiran, dan jiwa berasal dari roh. Semangat  Kata berasal  dari bahasa latin yang berarti napas dan mengacu pada inti dari individu bagian yang memberi arti hidup.spiritualitas jauh lebih menyeluruh dari pada agama kita sering melihat dua orang.beberapa orang berpikir bahwa  spiritualitas dan agama adalah sama agama umumnya diakui sebagai ekspresi praktis spiritualitas atau ritual agama  mencakup keyakinan dan praktik tertentu sementara spiritualitas jauh,kegiatan agama dan yang  terkait adalah umum di antara yang lebih tua. Orang dewasa yang  lebih tua bisa berpaling  kepada spiritualitas dan agama ketika mereka bertemu.Reaksi mereka terhadap kejadian-kejadian dan kerugian ini dapat menyebabkan distres dan kondisi psikologis sementara  atau kronis. Banyak  orangtua melaporkan bahwa  agama membantu mereka mengatasi atau beradaptasi dengan kehilangan atau kesulitan.Sementara sumber-sumber kesejahteraan agama penurunan dapat menjadi lebih penting dari waktu ke waktu. Pada saat dukungan agama yang  paling dibutuhkan orangtua kurang  mampu mengaksesnya.Individu  yang  berbeda dalam budaya yang berbeda telah menjadi  filosofi dan praktek spiritualitas tetapi berasal dari nilai positif  bagi banyak usia tua mungkin saat review hidup tahun ini menjadi saat mendefinisikan diri tanp aasosiasi kehidupan teman-teman lama pasangan atau pekerjaan yang membantu diri selama puluhan tahun hidup dewasa mungkin waktu apa yang memberikan arti dan kepuasan (Judith, 2014).



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Pemenuhan kebutuhan primer pada lansia meliputi pemenuhan kebutuhan nutrisi dan kebutuhan kesehatan mulut , tidur bagian kebutuhan untuk menjaga kesehatan seseorang, keamanan kebutuhan ekonomi, kemiskinan keamanan ekonomi adalah kebutuhan utama lainnya untuk oranglanjut usia.
Kebutuhan psikososial, semua manusia memiliki kebutuhan psikososial yang harus dipenuhi untuk hidup mereka menjadi kaya dan memuaskan.  Kebutuhan keamanan : orang dari segala usia memiliki kebutuhan keamanan, dan masalah keamanan merupakan perhatian utama bagi orang dewasa yang lebih tua
Pencegahan jatuh , obat, keamanan di masyarakat, kebutuhan rohani. Keperawatan holistik adalah ciri dari masyarakat  dan keperawatan kesehatan masyarakat. Ini berarti fokus pada tubuh, pikiran, dan jiwa berasal dari roh.


DAFTAR PUSTAKA


Allender, Judith Ann dkk. 2014. Community Health Nursing Promoting & Protecting the Public’s Health 8th Edition. China : Lippincott William & Wilkins

Tidak ada komentar:

Posting Komentar