LAPORAN PENDAHULUAN MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA
PEMAPARAN HASIL PENGKAJIAN & PENYUSUNAN RENCANA
KEGIATAN PRAKTIK
BELAJAR LAPANGAN KOMUNITAS
DESA JOMBORAN DUKUH NGUKIRAN RW 05,
KECAMATAN KLATEN TENGAH
PROGRAM DIII KEPERAWATAN
STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN
TAHUN 2014/2015
LAPORAN PENDAHULUAN MUSYAWARAH
MASYARAKAT DESA
PEMAPARAN HASIL PENGKAJIAN & PENYUSUNAN RENCANA KEGIATAN PRAKTIK BELAJAR LAPANGAN
KOMUNITAS
DESA JOMBORAN DUKUH NGUKIRAN 05, KECAMATAN KLATEN TENGAH
I.
Latar Belakang
Visi Indonesia Sehat 2015 telah dicanangkan Kementerian
Kesehatan RI sesuai Milenium Development
Goals (MDG’s). Tujuan utamanya adalah tercapainya kesejahteraan yang merata
di seluruh dunia. Indonesia sebagai salah satu negara yang ikut serta dalam
program tersebut juga berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.
Salah satu bidang garapannya adalah
bidang kesehatan. Program kesehatan yang dapat langsung meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam menignkatkan status kesehatannya adalah menekankan
pada pola pikir paradigma sehat. Paradigma sehat artinya lebih menekankan
promotif dan preventif tanpa meninggalkan kuratif dan rehabilitatif.
Visi Kota Klaten saat ini adalah terwujudnya
Klaten yang Toto Titi Tentrem Kerto Raharjo. Salah satu misi
Kota Klaten yang berhubungan langsung dengan kesehatan adalah misi kesatu yaitu mengupayakan
terpenuhnya kebutuhan dasar masyarakat (wareg, wasis, dan wutuh.) . Misi
tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan
sosial masyarakat. Sedangkan visi Dinas Kesehatan adalah MEWUJUDKAN
KLATEN SEHAT DAN SEJAHTERA. Dalam mencapai visi tersbut, Dinas
Kesehatan memiliki misi sebagai katalisator dan motivator pembangunan kabupaten
klaten yang berwawasan kesehatan mendorong kemandirian masayarakat untuk berperilaku
hidup bersih dan sehat, mempercepat terwujudnya sistem kesehatan daerah
meningkatan mutu pelayanan kesehatan masyarakat secara paripurna di dukung oleh
sumber daya manusia yang profesional sarana dan prasarana memadai. Stikes
muhammadiyah klaten sebagai salah satu Sekolah Tinggi Kesehatan yang
berada di Klaten dan bergerak dalam bidang kesehatan memiliki tanggung
jawab untuk berkontribusi dalam mewujudkan visi dan misi Dinas Kesehatan Kota Klaten. Salah
satu wujud kontribusi STIKES Muhammadiyah Klaten prodi DIII keperawatan adalah melalui
praktik keperawatan komunitas yang terwujud dalam rangkaian kegiatan praktik
mahasiswa.
Desa jomboran merupakan salah
satu desa yang berada pada wilayah Kecamatan Klaten Tengah, Kota Klaten dengan
luas wilayah ± 665,56 km2 dengan batas
wilayah: sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Boyolali, sebelah timur
berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo, sebelah selatan berbatasan
dengan Kabupaten Gunung Kidul, dan sebelah barat berbatasan kabupaten
Sleman.
Jumlah penduduk di desa jomboran tahun 2014 tercatat 4919 jiwa
(Laporan Tahunan Kelurahan Jomboran Tahun 2014). Berdasarkan
hasil pengkajian mahasiswa melalui survey,
windshield survey, FGD, observasi, wawancara, dan data sekunder.
Berdasarkan hasil pengkajian melalui
survey terhadap 80 sampel yang telah dilakukan oleh
Mahasiswa D III Keperawatan Komunitas didapatkan data sebagai berikut: masalah
kesehatan yang dikeluhkan oleh aggregat (n=143) di dapatkan ispa
52% , Diare 9,72%, dan perilaku warga terhadap sampah 51 % kurang baik.
Penyelesaian masalah kesehatan komunitas yang teridentifikasi tersebut membutuhkan
kerjasama dari semua pihak yang terkait dengan upaya pemberdayaan kesehatan
masyarakat perlu mendapat informasi mengenai permasalahan yang ditemukan di
wilayahnya. Hal ini penting dilakukan agar semua pihak terkait dapat
berpartisipasi memberikan kontribusi yang sesuai dengan tanggung jawab dan
wewenang masing-masing dalam menyusun rancangan program kerja untuk mengatasi
masalah komunitas yang didapatkan. upaya penyelesaian masalah kesehatan tersebut dengan
memanfaatkan segala potensi dan sumberdaya yang dimiliki oleh masyarakat desa
Ngukiran RW 05,
Kecamatan Klaten Tengah.
Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan musyawarah masyarakat desa (MMD) dengan berbagai
pihak secara lintas sektor dan lintas program untuk memaparkan hasil pengkajian terkait masalah kesehatan dan merencanakan
penanganan yang sesuai. Penanganan terhadap masalah tersebut secara bertahap
nantinya akan dilakukan bersama-sama dengan masyarakat setempat dan dengan
dukungan pihak terkait antara lain Dinas Kesehatan kota Klaten, Puskesmas Klaten
Tengah, Dukuh Ngukiran RW5, Desa Jomboran, Klaten Tengah.
II. Rencana Keperawatan
a.
Diagnosis Keperawatan
I.
Defisiensi kesehatan komunitas:
ISPA dan diare ( 00215)
II.
Perilaku kesehatan cenderung
beresiko (00188)
b.
Tujuan umum
Setelah
dilakukannya kegiatan lokmin selama 125 menit, tersusun rencana kegiatan
untuk menangani masalah kesehatan yang telah teridentifikasi pada masyarakat
di Dukuh Ngukiran RW 05,Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah
c.
Tujuan khusus
Setelah mengikuti kegiatan musyawarah masyarakat desa (MMD), masyarakat diharapkan :
1)
Mengetahui gambaran keluhan
kesehatan di wilayah desa ngukiran
2)
Mengidentifikasi masalah kesehatan
pada aggregate balita, anak usia sekolah, remaja, dewasa, dan lansia di wilayah
Ngukiran
3)
Menyusun rencana kegiatan sebagai
alternatif penyelesaian masalah kesehatan
4)
Menyepakati waktu dan penanggung
jawab setiap kegiatan
III. Rancangan Kegiatan
a. Topik
b. Media
c. Waktu dan Tempat
|
: Penyajian
data
Pembuatan Plan of action (POA)
: Flipchart, power point, LCD, alat tulis, rancangan POA
: Hari ,Senin 09 Maret 2015
Pukul 16.00 – selesai
Tempat rumah bapak
Yatin
|
d.
Strategi dan Media
Strategi
|
Metode
|
1. Menyajikan data berdasarkan hasil pengolahan data
|
Pemaparan
dan tanya jawab
|
2. Moderator memandu masyarakat untuk diskusi dalam kelompok kecil
|
Diskusi
dan curah pendapat
|
3. Bersama fasilitator, kelompok kecil melakukan diskusi menyusun POA serta mengidentifikasi dan
menetapkan penanggung jawab setiap kegiatan
|
Diskusi,
curah pendapat, Tanya jawab
|
4. Pemaparan POA yang telah disusun setiap kelompok kecil dan menyepakati
penanggung jawab setiap kegiatan dalam diskusi besar (pleno)
|
Dipimpin
oleh moderator. Masing-masing kelompok kecil membacakan hasil POA yang telah
disusun dan PJ setiap kegiatan
|
5. Menyepakati POA yang telah disusun
|
Diskusi,
curah pendapat
|
6. Penyerahan hasil POA kepada pihak Kelurahan
|
Serah
terima POA kepada pihak Kelurahan
|
e.
Pengorganisasian Waktu ( 120 menit)
1.
Fase orientasi (25 menit)
-
Pembukaan : 5 menit
-
Pemaparan maksud dan tujuan
kegiatan : 5 menit
-
Sambutan-sambutan : 15 menit
2.
Fase kerja ( 75 menit)
-
Penyajian data : 15
menit
-
Penyusunan dan pembahasan POA : 30
menit
-
Penyampaian POA dalam pleno : 20
menit
3.
Fase terminasi (20 menit)
-
Penyerahan POA kepada pihak
kelurahan : 5 menit
-
Kesimpulan :
5 menit
-
Doa :
5 menit
-
Penutup : 5
menit
f.
Pengorganisasian Kelompok
Bidang
|
Nama Panitia
|
Uraian Tugas
|
Ketua
|
Dwi Endriyani
|
1)
Bertanggung jawab mulai dari persiapan,
pelaksanaan, dan evaluasi dari seluruh kegiatan dalam pertemuan ketiga.
2)
Mengkoordinir anggota kelompok dan menjelaskan
tugas dan peran masing-masing anggota.
3)
Memimpin pertemuan pendahuluan (technical meeting) untuk mempersiapkan
pelaksanaan kegiatan.
|
Sekretaris
|
1)
Betty Nur Azizah
2)
Nurvia Fajar Ningrum
|
1)
Menyiapkan surat-surat dan berkas-berkas
2)
Membuat undangan dan daftar hasil peserta
3)
Membuat laporan pendahuluan dan laporan hasil
kegiatan lokmin
|
Sie. Acara
|
Dewi Retno Utami
|
1)
Membuat
susunan acara MMD
2)
Memandu
seluruh proses kegiatan secara keseluruhan selama pertemuan berlangsung.
|
Penyampai materi
|
1)
Ita Tri Purnamawati
2)
Fitriana Ratna Hapsari
3)
Diah Ayu Lestari
|
1)
Menyampaikan hasil pengolahan data (penyajian
data).
|
Sie. Humas
|
1)
Ita Ratna Sari
2)
Mega Krisnawati
|
1) Menghubungi
pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan.
2) Bertanggung
jawab dalam penyebaran undangan.
|
Sie. Perlengkapan
|
1)
Oktaviana
2)
Sari Quraini
|
1) Bertanggung
jawab pada ketersediaan alat dan media yang digunakan selama acara
berlangsung.
2) Mampu
menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan ketersediaan alat dan media
yang digunakan.
3) Memastikan
semua alat dan media siap digunakan dalam proses diskusi dan berfungsi dengan
baik.
|
Sie. Dokumentasi
|
Rina Setiowati
|
1)
Bertanggung jawab dalam pendokumentasian (kamera,
HP, handycam) selama acara berlangsung.
|
Sie. Konsumsi
|
1)
Ima Fitriani
2)
Fitri Karina
|
1)
Menentukan menu snack.
2)
Membagikan snack saat acara berlangsung.
|
Observer
|
1)
Retno Puspasari
2)
Juni Astuti
|
1) Mengamati jalannya acara
2) Membuat laporan hasil kegiatan mulai dari
awal hingga akhir acara.
3) Memberikan evaluasi jalannya acara pada
akhir acara.
|
g.
Pengorganisasian Tempat
IV. Kriteria Evaluasi
a.
Evaluasi struktur
1)
Mahasiswa:
a)
Laporan pendahuluan telah disiapkan, dikonsulkan dan
disetujui pembimbing
b)
Rancangan POA telah dibuat,
dikonsulkan dan disetujui pembimbing
c)
Hasil pengolahan data telah siap
untuk disajikan ke masyarakat, telah dikonsulkan dan mendapat persetujuan
pembimbing
d)
Mahasiswa telah menyebarkan
undangan sesuai tujuan maksimal 1 hari sebelum pelaksanaan kegiatan
2)
Sasaran:
·
Perwakilan masyarakat telah
menerima undangan
3)
Perlengkapan:
a)
Tempat kegiatan telah mendapat izin
dari pengelola 2 hari sebelum kegiatan
b)
Alat dan media yang diperlukan
telah siap digunakan
b.
Evaluasi proses
1)
Mahasiswa
a)
Mahasiswa hadir 30 menit sebelum
kegiatan dimulai
b)
Mahasiswa berperan sesuai job desa masing-masing
c)
Waktu pelaksanaan sesuai dengan
jadwal yang telah ditentukan
2)
Sasaran
a)
Peserta lokmin mendengarkan dengan
aktif saat penyampai materi menyajikan hasil pengolahan data
b)
Peserta lokmin aktif dalam diskusi
kelompok kecil untuk menyusun POA
c)
Peserta lokmin mengikuti diskusi
sampai selesai
3)
Perlengkapan
·
Alat dan media dimanfaatkan dengan
baik
c.
Evaluasi hasil
1)
Mahasiswa
·
100 % mahasiswa hadir
2)
Sasaran
a)
75 % undangan lokmin hadir
b)
Telah tersusunnya rencana kegiatan
(POA)
c)
Disepakatinya waktu dan penanggung
jawab setiap kegiatan.
3)
Perlengkapan
·
Alat dan media berfungsi dengan baik
Casinos near Hollywood, LA | MapyRO
BalasHapusCasinos Near Hollywood, LA. 1. 춘천 출장샵 Hollywood Blvd. 화성 출장안마 LVMPD. (563) 삼척 출장안마 427-3371. 논산 출장샵 Call Now · More Info. 오산 출장안마 Hours, Accepts Credit Cards, Wi-Fi, PokéStop. Directions, 1. Hollywood Blvd. LVMPD. (563)